Capture


Can You Find the KEY and Open the BOX?

Selasa, 06 September 2011

Budaya 'SITI NURBAYA'


Aku nulis tentang ini dalam keadaan emosi...hahahaha..pikiranku penuh banget dengan pertanyaan 'KENAPA?'

Aku baru tidur-tiduran di kasur nyaman sepupuku..sampai aku gak tau kenapa kepikiran buat cerita-cerita tentang pengalaman sepupuku itu..yang aku tau hidupnya memang berat..

Sebut saja ka vina,dia sepupu sekali dari keluarga mama.Umurnya sekarang 24 tahun,statusnya janda dan udah punya satu anak..cewek..
ka vina termasuk salah satu korban 'Pernikahan Paksa' di keluargaku..(dan aku baru tau..!!).Aku kira memang maunya buat nikah muda waktu itu..ternyata...ADA SESUATU!!!#kesel sumpah

Waktu itu ka vina baru-baru aja masuk SMA..ka vina termasuk siswi berprestasi selama dia sekolah(dan kenapa harus nikah muda???kenapa gak tunggu sampe selesai aja??).
Ternyata dari pihak keluarga udah punya rencana untuk menjodohkan ka vina dengan seseorang yang 'GAK TAU SIAPA' bagi ka vina.Baru satu minggu masuk SMA,Ka vina disuruh berhenti sekolah dan dikurung didalam kamar.
Mungkin sebelumnya harus kujelaskan kenapa bisa ada tradisi seperti ini???
Keluargaku ternyata(sumpah..aku baru tau juga -___-") masih menjalankan tradisi perjodohan antar keluarga keturunan Raja.Tujuannya supaya semua keluarga Raja yang terpisah bisa kumpul dan gak misah-misah..jadi garis keturunan itu bakal terus ada..

Ka vina dijodohkan dengan laki-laki dari keluarga Raja juga(punya harta banyak juga).Dan menurut pengakuan sepupuku itu,dia gak suka sama calon suaminya (siapa juga yang suka kalo main paksa gitu)..
Ka vina gak bisa nolak..nah ini yang aku pertanyakan..dan ap jawabannya??? "Mana bisa aku ngelawan..disiapin balok panjang kalo macam-macam"
Gakkkkkkkk nyangka......!!!!!

"Memangnya gak coba buat jelasin baik-baik..ajukan pembelaan gitu ka???"..trus ka vina bilang "Udah,tapi keluarga bilang..kamu cewek..kamu gak bisa hidup tanpa laki-laki"(ini jawaban paling bikin aku ketawa)..padahal ternyata ka vina bisa kok hidup mandiri disini sekarang..(ka vina setuju sama omonganku ini)

Dan aku tanya lagi "Kenapa gak lari????atau coba bunuh diri??"(yah..kolot sebenarnya..tapi itu yang terpikirkan dikepalaku 'Bunuh Diri'..ck,ck,ck)

Ka vina cuma ketawa..dia bilang dia belum sampe berpikir kaya gitu..cuma pernah dia mau loncat dari atas loteng rumah.. (WOW...aku suka bagian ini.. :D).Ka vina ambil semua undangan terus dirobek di atas loteng,waktu mau loncat,dia ditarik sama 3 orang..terus diiikat..(gak bisa bayangin..kaya cerita sinetron..tapi ini beneran..NYATA)
Ujung-ujungnya..nikah juga..meskipun ka vina gak suka..keluarga semua maksa..
Tapi..sekarang ka vina udah cerai..yah mungkin akibat pernikahan paksa kaya gitu..


Bukan cuma ka vina..sepupu-sepupuku yang lain juga banyak yang coba dipaksa kaya gitu...Aku bersyukur gak besar disana...Syukur banget aku besar di Kalimantan dan ortuku gak nerapkan hal kaya gitu ke gue...........ALHAMDULILLAH

Ka vina cuma bilang"Syukur kamu de..tinggal disini..gak disana..pokonya sekolah baik-baik..cari jodoh sendiri..jangan mau dipaksa..coba dulu ada mamamu di sana,mungkin batal itu pernikahan"...yaaa..mamaku gak setuju sama tradisi paksa kaya gitu..waktu adenya ka vina mau dipaksa nikah berkali-kali,mama juga gak setuju..akhirnya batal..

Ternyata budaya kaya gitu masih diterapkan di keluargaku (hampir gak percaya..).Tapi syukurnya mama sama papaku gak ngikut tradisi kaya gitu.


Aku heran..memangnya haruskah status diperjuangkan sampe segitunya..sampai ngorbanin perasaan dan hak orang lain..perempuan kan punya hak untuk menolak karena pernikahan bukan sesuatu yang main-main.

1 komentar:

  1. wew,,
    serem amir,, kayak cerita putri yang tertukar,, hahaha ^^v

    mungkin hampir di seluruh indonesia masih ada adat yang seperti itu put,, cm g ketahuan aja,,

    kalo diliat dari sisi history(sejarah) hal yang seperti itu emg tetep harus ada,, cm untuk yg skarang2 kyknya udah g jaman lagi deh,,

    skarang tinggal bagaimana caranya kita bs g terjebak dgn situasi yg seperti itu,,

    ada kalanya sebagai anak kita jg harus memberikan sedikit ilmu yg kita punya ke orang2 tua kita tentang keadaan jaman skarang, tapi ini bukan cara yang instant yg langsung bs di terima,, pasti ada penolakan, cm kalo dilakukan secara bertahap(slow but sure,, hahaha) insya allah pemikiran yg seperti itu bakalan hilang,,

    andaikata cara yg tadi tetep g bs,, cara trakhir adalah "MERANTAU!!" bukan bunuh diri (kejam amat),,
    kabur aja kalo disuruh bgtu,, kaburnya jg jangan ke rumah sodara, bener2 merantau,, g usah peduli lo mau kemana, setidaknya lo benar2 hilang dari lingkungan mereka,,

    itu dlu deh,, sisanya nanti lah kalo mau dibahas,, ^^

    BalasHapus